Wednesday, July 15, 2020

BELAJAR DIRUMAH BERSAMA TVRI


Program Belajar dari Rumah (selanjutnya disebut BDR) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan alternatif kegiatan pembelajaran selama anak belajar di rumah karena terdampak masa pandemik COVID19. Tayangan dalam program BDR meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, SMA/SMK dan sederajat, dan program keluarga dan kebudayaan. Pembelajaran dalam BDR ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi. Selain untuk memperkuat kompetensi literasi dan numerasi, tujuan lain program BDR adalah untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orang tua/wali dengan anak, melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan karakter positif.


Berikut hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi dari melihat tayangan:
 
  1. Siapkan alat tulis sebelum tayangan. Simaklah tayangan dengan baik untuk memahami keseluruhan ide pokok dan bukti pendukung informasi dengan data yang akurat dan juga tepat.
  2. Berdiskusilah dengan orang tua atau saudaramu untuk merumuskan dugaan yang masuk akal yang dapat diuji tentang bagaimana atau mengapa sesuatu terjadi dengan sangat tepat berdasarkan tugas yang diberikan.
  3. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar ketika menuliskan pendapat atau gagasan.
  4. Pastikan referensi atau rujukan yang kamu ambil adalah rujukan yang akurat dan benar.
  5. Kutiplah informasi yang memiliki nilai kebaruan, relevan dengan kondisi sekarang, dan potensial untuk diwujudkan.
  6. Berkomunikasilah dengan baik dengan melihat situasi kondisi lawan bicara serta  gunakan memperhatikan norma kesopanan.

Berikut hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi dari melihat tayangan:
 
  1. Siapkan alat tulis sebelum tayangan. Simaklah tayangan dengan baik untuk memahami materi yang disampaikan.
  2. Berusahalah untuk mengerjakan tugas yang disampaikan.
  3. Pergunakan sumber lain untuk membantu mengerjakan tugas.
  4. Catatlah hal-hal yang belum dapat kamu pahami dengan baik sebagai bahan diskusi dengan orang tua dan/atau dengan guru serta temanmu dengan menggunakan gawai.
  5. Mintalah bimbingan dari orang tua atau saudaramu jika memungkinkan.  



 

No comments:

Post a Comment

PENGUMPULAN 1000 KARYA

 1000 Karya   dari SMP Negeri 6 Surabaya untuk Surabaya LITERASI KARYA GURU LITERASI KELAS 9 LITERASI KELAS 8 LITERASI KELAS 7