Monday, July 13, 2020

LITERASI KELAS 8 & 9

Assalamualaikum
Semoga selalu sehat dan semangat ya.

Tahun Ajaran Baru 2020-2021 sudah dimulai, saatnya untuk berliterasi membuka 
jendela dunia dalam pembelajaran daring. Are you ready? Ada banyak judul yang bisa dipilih untuk kalian resume min. 1000 kata.
 

Pasti kalian pernah membuat suatu resume atau essai. Mungkin sebagian dari kalian sudah ada yang mampu melakukannya dengan benar. Namun ada juga yang masih belum faham tentang Pengertian Resume dan bagaimana cara membuat resume yang benar. 


Pengertian Resume adalah suatu cara yang ekfektif untuk menyajikan karangan yang panjang dalam sajian yang singkat. Ringkasan mulanya berawal dari karangan sumber yang panjang, yang kemudian dipangkas dengan mengambil hal-hal atau bagian yang pokok dengan membuang perincian serta ilustrasi.
 

Langkah-langkah Menulis Resume yang Benar

Untuk dapat meringkas resume yang benar maka sobat harus memperhatikan langkah-langkah dibawah ini :
 
1. Membaca Teks Asli
Membaca teks asli sangatlah penting guna mengetahui isi dan memahami maksud dari penulis. Sobat dapat membacanya berulang-ulang supaya lebih paham tentang naskah tersebut. Kalian juga dapat mencatat istilah yang sulit dipahami dan mencari maknanya supaya dapat mempermudah dalam melakukan penulisan resume. Hal tersebut juga membantu dalam mengetahui gambaran umum dari sudut pandang penulis.
 
2. Menentukan dan Mencatat Gagasan Utama
Tentukan gagasan utama dari naskah/tulisan yang dibuat. Jangan lupa untuk mencatatnya supaya mempermudah pada tahap selanjutnya.
 
3. Mulai Menulis Resume
Pergunakanlah gambaran umum tentang keseluruhan isi jurnal/naskah yang telah terbayang diotak kita dan hasil pencatatan gagasan utama tadi untuk dibuat resume. Ingat, urutan paragraf untuk pembuatan resume harus sesuai dengan naskah aslinya.

Kalimat-kalimat dalam resume yang kita buat diganti dengan kalimat-kalimat baru yang sekaligus menggambarkan kembali isi dari naskah aslinya.
 
4. Membaca Kembali Resume yang Telah Dibuat
Setelah resume yang anda buat selesai, maka anda harus membacanya kembali untuk memastikan tidak ada kesalahan baik dari penulisan maupun dari isi resume yang dibuat. Resume yang dibuat harus sesuai dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.


Jangan lupa ketentuannya ya :
1. Judul e-book
2. Penerbit e-book
3. Penulis e-book
4. Tahun terbit e-book
5. Isi e-book : Pendahuluan, Pembahasan, Kesimpulan (min. 1000 kata)
        



 

No comments:

Post a Comment

PENGUMPULAN 1000 KARYA

 1000 Karya   dari SMP Negeri 6 Surabaya untuk Surabaya LITERASI KARYA GURU LITERASI KELAS 9 LITERASI KELAS 8 LITERASI KELAS 7